Tuesday, November 4, 2008

Toyota di Indonesia-Japan Expo 2008

Diresmikan pada 1971, tahun ini Toyota memasuki tahun ke-37 kebersamaannya tumbuh bersama bangsa Indonesia. Perjalanan panjang yang membuahkan keberhasilan Toyota menjadi raja di hati masyarakat Indonesia ini merupakan salah satu pilar dan juga bukti dari berkembangnya hubungan baik Indonesia-Jepang. Kronologi kehadiran Toyota dan persembahan Toyota untuk Indonesia tersebut dapat dilihat di stand Toyota dalam Indonesia-Japan Expo 2008, 1-9 November di Jakarta International Expo Kemayoran, yang diselenggarakan untuk memperingati tahun emas hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

Dalam kegiatan ini Toyota juga menyelenggarakan seminar bagi kalangan kampus, serta menyerahkan beasiswa dari Yayasan Toyota Astra (YTA). Tahun ini (2008-2009) beasiswa diberikan kepada 3.691 siswa SD-SMA, serta 812 mahasiswa S1 dan S2. Pemberian beasiswa telah dilakukan sejak 1976 dan kini YTA menganggarkan 4 – 4,5 milyar rupiah setiap tahunnya.

Partisipasi Toyota (sekarang PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan PT Toyota-Astra Motor) dalam Indonesia-Japan Expo dilatarbelakangi keinginan untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara dan mengembangkan potensi-potensi baru dalam jaringan perusahaan maupun pemerintahannya.

“Posisi Toyota dalam pasar otomotif nasional saat ini tidak mungkin dapat diraih tanpa dukungan hubungan baik Indonesia dengan Jepang. Dan sebaliknya, kehadiran Toyota di Indonesia juga menjadi salah satu tonggak berkembangnya hubungan baik kedua negara. Karena itu, kami merasa berbesar hati dapat berpartisipasi dalam eksebisi ini,” ungkap Johnny Darmawan (Presiden Direktur PT TAM & Wakil Presiden Direktur PT TMMIN) mewakili Toyota.

“Jika dalam kegiatan lainnya kami lebih banyak memperkenalkan produk, melalui stand dan seminar yang diadakan dalam Indonesia-Japan Expo ini, kami ingin masyarakat berkesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang Toyota di Indonesia, dan bagaimana Toyota tumbuh bersama dengan bangsa ini,” tambahnya.

Stand Toyota terbagi menjadi 3 area, yaitu area produk, profil dan sejarah Toyota di Indonesia, serta area yang memaparkan beberapa kontribusi sosial Toyota kepada masyarakat.

Dalam area Product, pengunjung dapat melihat kendaraan legendaris Toyota Kijang generasi pertama dan kelima, lengkap dengan gambaran perjalanan dan milestone-nya. Toyota Kijang pada awalnya adalah kendaraan yang dikembangkan untuk menjawab dorongan pemerintah akan pembuatan Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana, dan dalam perkembangannya telah memberikan sumbangan tak kecil dalam perkembangan industri, teknologi dan pasar alat transportasi nasional.

Angka kandungan lokal Kijang Innova yang kini mencapai 75% merupakan bukti nyata keseriusan Toyota dalam merangkul pemasok lokal dalam kualitas produk global. Toyota juga memamerkan generasi terbaru kendaraan fenomenal, New Avanza, yang mencatatkan rekor penjualan lebih dari 270ribu unit dalam waktu kurang dari 5 tahun.

Sedangkan dalam area Toyota Profile and History, terdapat panel-panel yang mengisahkan perjalanan Toyota di Indonesia, filosofi perusahaan, pabrik dan fasilitas, prestasi penjualan domestik maupun ekspor, wujud transfer teknologi, serta bentuk dukungan Toyota akan pengembangan pemasok lokal serta tenaga kerja.

Sekali lagi pengunjung dapat melihat bukti komitmen Toyota dalam menyokong berkembangnya sosial ekonomi negara kita, dalam bentuk investasi yang diguyurkan, pemberdayaan manusia, sumbangan devisa, pertumbuhan penjualan yang berdampak positif pada ekonomi nasional, dll. Berbagai inovasi dilakukan Toyota demi semakin memuaskan pelanggan sekaligus menjawab kebutuhan pasar, misalnya dengan melakukan kolaborasi atau pendirian Spare Parts Center terbesar di Indonesia.

Contoh kontribusi sosial Toyota sebagai pelaku industri yang bertanggung jawab kepada masyarakat dapat dilihat di area Corporate Social Responsibility. Program-program yang merupakan bentuk kepedulian akan lingkungan maupun masyarakat, seperti Hutan Toyota, Toyota Eco Youth dan T-TEP (Toyota Technical Education Program), serta kendaraan hybrid Toyota Prius dipajang di area ini untuk memberikan kesempatan bagi pengunjung mengenal lebih jauh kegiatan-kegiatan Toyota di luar produksi dan penjualan mobil.

Untuk memperkenalkan filosofi dan teknologinya lebih jauh, Toyota juga merangkul komunitas kampus dalam seminar pada tanggal 5 dan 6 November yang mengetengahkan 3 topik, yaitu : Toyota Way & Toyota Production System, Toyota in Indonesia, serta Advanced Technology & Environmentally-Friendly Vehicle. Dalam seminar ini, tak henya mempelajari teori, peserta juga dapat merasakan langsung keistimewaan Toyota Production System melalui simulasi dan praktek.

Toyota berharap gaung dari event positif ini tidak tenggelam dalam euphoria entertainmen yang ada, namun juga memberikan benefit yang nyata pada kedua negara atas hubungan baik yg telah terbina, serta semakin memotivasi masyarakat dan pemerintah untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara. /PR

No comments:

Post a Comment